Penasaran dengan Merapi 2913 mdpl

Setiap hari pulang dari kampus, saya selalu melihat gagahnya gunung ini. Terlebih, jika cuaca sedang cerah. Semakin terlihat jelas kegagahannya. Gunung ini begitu mainstream di kalangan pendaki di daerah Jawa tengah, terutama Jogja.

Kurang rasanya jika belum mencoba menjajaki "Sang Raja" Jogja ini. Sepintas ada pikiran untuk main ke gunung ini. Saya pun mengajak 3 teman saya lainnya.

negeri di atas awan

Pendakian pertama - 5/16/2015
Kami berangkat dan singkat cerita waktu itu kami sudah sampai di pos 2 dan sempat nge-camp 1 malam disana. Sampai di pos 2, ada petugas yang menyatakan bahwa gunung ini akan segera ditutup karena suatu alasan.

Beberapa pendaki tetap mencoba naik sampai puncak. Berhubung kami mahasiswa baik-baik… (hehehe) kami pun turun dan mengurungkan niat untuk summit

Pendakian waktu itu hanya memunculkan rasa penasaran, karena kami setengah perjalanan menuju puncak. Dibalik gagalnya kami mencapai puncak merapi, itu di karenakan berita yang cukup heboh satu ini.

Berita seorang mahasiswa yang telah dinyatakan tewas karena berusaha menaklukkan puncak tusuk gigi - titik paling puncak dari puncak gunung merapi.

pendakian gunung merapi pertama

akbar, saya, iqsan, shabirin

terlihat para pendaki mulai turun

para petugas sudah siap melakukan proses pendakian evakuasi
Pendakian kedua - 8/11/2015
3 bulan kemudian saya naik merapi lagi. Kali ini saya diajak. Kami berangkat ber-8 orang. Kami memilih waktu weekday. Weekend pastinya akan begitu ramai. Weekday, pendakian merapi malah cenderung sepi. Begitulah yang kami inginkan agar lebih bebas menikmati salah satu keindahan ciptaan tuhan ini.

Cara kesana?
Perjalanan di tempuh dari jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman. Saya dan teman-taman naik motor sampai basecamp Barameru (basecamp-nya merapi) dalam waktu sekitar 2 jam. Istirahat sebentar dan lanjut dengan jalan kaki dari jalur new Selo.

Dari situlah semuanya dimulai. Sampai di pos 2 sekitar 3 jam. Nge-camp semalam disana dan dini hari setengah 4 kami lanjut untuk summit. Jam 6 kurang kami sudah sampai di puncak merapi.

Jalur yang ditempuh dominan berpasir. Pos 2 kebawah masih mudah. Perjalanan menuju puncak, pasirnya akan semakin banyak ditambah bebatuan kecil sampai besar.

Saran saya untuk muncak ke Merapi, jangan lupa pakai masker. Itu sangat penting untuk melindungi pernapasan dari debu/pasir yang berterbangan. Bila perlu kacamata juga untuk menutupi mata.

Safety first! Karena jalur menuju puncak merapi bebatuannya sangat rentan. Salah menginjak bisa menjadi masalah bagi diri sendiri maupun pendaki di bawah kita karena terkena bebatuan yang jatuh kebawah.

Di puncak juga harus hati-hati karena puncak merapi menurut saya tidak luas bisa dibilang sempit. Jadi, para pendaki di puncak hanya berdiri di atas tanah dengan luasan kurang lebih 1 - 2 meter saja.

Tipikal puncak gunung yang sangat curam yang pernah saya daki. Salah sedikit bisa masuk ke kawah merapi. Sangat penting dari semua pedakian kita harus punya mental dan jangan pernah meremehkan alam. Tak lupa pula selalu bawa peralatan yang lengkap.

Pendakian merapi tidaklah mudah, banyak pengorbanan. Mulai dari kedinginan (tentu, kan di gunung), pas ngecamp malam ‘diserang’ musang sampai kami kekurangan air pada saat perjalanan mau turun. Semua bisa dilalui berkat usaha dan doa.

Tentunya jangan lupa membuat canda tawa dalam perjalanannya, agar perjalanan semakin berkesan (ajak temanmu yang pintar dalam membawa suasana).

Ingat selalu tujuan utama anda mendaki. Janganlah merusak alam. Bawa turun sampah, hanya ambil foto dan hanya meninggalkan jejak.

Salam lestari.

Semoga lain kali bisa jalan-jalan lagi.

puncak merapi

tim terbaik

shabirin, deviadi, saya, nanda, ade, naufal, rizal, agung

dari merapi melihat merbabu

kebanggaan di puncak merapi
kebanggan di puncak merapi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penasaran dengan Merapi 2913 mdpl"