Mungkin Kamu Butuh


Pernah di suatu waktu kamu dimarahi ataupun dinasehati orang tua mu bahwa hidup mu harus berprinsip. 

Waktu masih kecil dulu, saya tidak mengerti ungkapan nasihat atau mungkin amarah ini sebagai akibat dari sikap yang salah yang mungkin telah saya lakukan. 


mungkin kamu butuh
mungkin kamu butuh. (sumber: stocksnap.io)
Orang tua saya selalu bilang bahwa hidup kamu harus mempunyai prinsip. Prinsip hidup seperti apa yang saya sendiri tidak tahu maksudnya. 

Seolah-olah perjalanan hidup ini mengajari kita bahwa prinsip itu akan menyesuaikan dengan apa yang telah kita lalui dan apa yang akan kita hadapi kedepannya. 


Kemudian, prinsip hidup itu sendiri lama-lama berkaitan dengan jati diri. Sesuatu yang masih harus dicari atau mungkin bahkan dibenahi sembari menjalani setiap detail di dalamnya.

Merasa bahwa prinsip hidup ataupun jati diri sekarang mungkin sudah dimiliki. Tapi apa iya hal itu sudah merupakan kebenaran yang bisa kita terapkan? Kita tidak pernah tahu. 

Selayaknya manusia lainnya, hidup harus terus diperbaiki. Tapi, suatu ketika kau dihadapi lingkungan baru yang menuntut kamu untuk berprinsip dan menunjukkan jati dirimu. 


Mengesalkan bukan saat kamu melihat/merasakan ada orang disekitar mu yang sudah seharusnya dewasa bersikap seolah belum dewasa. Menginginkan suatu yang salah, egois, bahkan bersikap tak tentu arah.

Sekali lagi, ada nasihat dari seorang pemuda yang baru saja menyelesaikan perjalanannya, bahwa hidup teramat penting untuk memiliki jati diri ataupun terkait prinsip hidup. 

Terasa sulit sebenarnya menceritakan hal yang terasa sedikit memilukan yang pada kenyataannya kamu akan sangat diuntungkan jika kau seharusnya mulai dari sekarang untuk melengkapi hidup ini dengan sebuah prinsip atau jati diri yang bisa terus membawa kita ke tujuan awal hidup manusia. 


Jangan tanya balik tujuan awal hidup manusia itu apa? Karena mungkin kita berbeda keyakinan. 


Semacam atau sejenis suatu hal yang fleksibel dan unik layaknya demikian manusia diciptakan. Saya harap aku, kita, kamu, mereka semua sama-sama bisa paham dengan maksudnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mungkin Kamu Butuh"

Post a Comment

Show your thoughts, let me know if you were here.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel