Review Fuji Hi-Speed 1600 Disposable Film Camera


Ini adalah kamera analog film pertama saya. Fuji Hi-Speed 1600 Disposable Film Camera adalah kamera format 35mm sekali pakai. Jadi, kamu tidak bisa memakainya lagi setelah isi roll film habis. Pengalaman memakai kamera ini mengharuskan kamu menjadi orang yang menikmati sebuah proses.

Review Fuji Hi-Speed 1600 Disposable Film Camera
Review Fuji Hi-Speed 1600 Disposable Film Camera. (sumber: amazon.com)
Kamera ini hanya tersedia 27 frames bahkan pada pengalaman saya saat memakainya, saya hanya bisa menghasilkan foto sebanyak 25 frames. Mungkin 2 frames-nya gagal proses atau error pada saat penggulungan roll film.

Kamera Disposable ini saya pakai dengan sebijak mungkin karena baru pertama dan sayang uang jika eksperimen ini gagal. Untuk seorang mahasiswa harganya cukup lumayan yaitu 200 ribuan. Belum ditambah ongkos cuci scan film untuk mendapatkan soft file foto dari tempat penyucian film.

Dengan kamera fuji ini saya telah mengambil foto di beberapa lokasi di Jogja sampai Blitar. Di kondisi terik siang hari, matahari pagi sampai kondisi minim cahaya malam hari. Sekaligus juga berkesperimen mengambil foto dengan / tidak memakai internal flash. Contoh Hasilnya bisa kamu lihat di bawah nanti.

Spesfikasi
Dimensi: 4.4 x 2.3 x 1.4 inches
Berat: 5.6 ounches
Battery: 1 AA
Iso speed: 1600
Kualitas grain: Fine
Proses: C41
Ketajaman: High
Catatan: Fleksibel digunakan indoor dan outdoor (dengan/tanpa flash), memproduksi warna yang tajam, kualitas smooth fine grain, hasil terbaik di kondisi cahaya terik, memproduksi tone kulit yang baik, menerapkan teknologi paten fujifilm warna 4 lapis.

Pengalaman
Tidak banyak yang bisa diatur jika kamu menggunakan kamera film disposable. Prinsip paling utama menurut saya adalah lebih baik mendapatkan foto yang over exposure (terlalu terang) dari pada foto under exposure (minim cahaya). Hal itu dikarenakan foto yang terlalu terang cenderung memunculkan kesan artsy yang kece dibandingkan under exposure yang membuat foto buram dan monoton.

Contoh hasil
Di bawah ini adalah hasil foto dari saya menggunakan kamera Fuji Hi-Speed 1600 Disposable Film. Untuk koleksi foto film lainnya bisa dilihat disini.

hasil foto fuji hi-speed 1600 disposable film camera
hasil foto fuji hi-speed 1600 disposable film camera

Rekomendasi
Jika kamu tertarik untuk mencoba kamera film disposable fuji hi-speed 1600, kamu bisa membelinya di toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Instagram. Saya sendiri membelinya di Jellyplayground dan memproses roll film di Central DigitalLab Jogja.

Kesimpulan
Pada intinya jika kamu penasaran dengan kamera ini, maka sangat layak untuk dicoba. Untuk menambah pengalaman fotografi kamu. Tapi, saya sendiri tidak menyarankan kamera ini sebagi opsi utama dari sebuah hobi fotografi karena hanya bisa sekali pakai dan harga yang cukup mahal untuk sebuah kamera analog film pocket. 

Jika kamu tertaik dan mulai ingin tahu lebih dalam kamera analog film, lebih baik beli kamera pocket analog film yang bisa kamu dapatkan mulai dari harga 50 ribuan + roll film murah agfa vista 400 seharga 50 ribuan. Dengan budget 100 ribuan kamu sudah bisa memulai sebuah hobi baru. 

Dengan kamera pocket analog kamu bisa mengisi roll filmnya berulang-ulang tidak sekali pakai seperti pada kamera disposable.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Responses to "Review Fuji Hi-Speed 1600 Disposable Film Camera"

  1. What's up Dear, are you truly visiting this site
    on a regular basis, if so then you will definitely obtain pleasant
    know-how.

    ReplyDelete
  2. unique camera, good info and recommendations ... thank you

    ReplyDelete
  3. hasil yang dihasilkan sangat bagus

    ReplyDelete
  4. makasih kak review nya, memang lagi ada rencana beli kamera sih. Ijin Masukin ke daftar dulu ya kak

    ReplyDelete

Show your thoughts, let me know if you were here.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel