Review AgfaPhoto Vista Plus 400


Setelah pada pengalaman pertama saya dengan analog film disposable camera, saya semakin tertarik untuk mencoba analog film lainnya. AgfaPhoto Vista Plus 400 menjadi percobaan kedua saya. Roll film ini saya isi ke kamera pocket analog Canon Mate Tiger yang membawa saya pada perjalanan di sekitar sudut Dusun Degolan, Jalan Kaliurang hingga ke suatu Café.
Review AgfaPhoto Vista Plus 400
Review AgfaPhoto Vista Plus 400. (sumber: amazon.com)

Percobaan kedua ini, cukup membuat saya tidak sabar dan penasaran karena pertama kali memakai kamera analog dengan roll film fresh bukan kamera sekali pakai yang saya lakukan sebelumnya. Dari pengalaman memasang roll film pertama kali di kamera analog sampai proses sesaat setelah roll film habis dan harus dikeluarkan. 

Kemungkinan buruk semisal roll film yang tidak terkokang menjadi penyebab khawatir bagi pemula pemain analog film. Sudah capek mengambil foto tetapi hasilnya tidak ada karena roll film yang tidak berjalan pada kamera.

Dibandingkan dengan disposable film camera fuji hi-speed 1600 yang pernah saya review sebelumnya, maka mencoba roll film ini + pocket analog camera seharusnya lebih menguntungkan dan lebih utama.

Spesifikasi
  • Iso: 400
  • Grain: baik
  • Ketajaman: baik
  • Kontras: Baik
  • Jenis Film: colour negative
  • Proses: C41
  • Format: 35mm
  • Exposures: 24, 36
  • Ketersediaan: 4/5
  • Catatan: film colour negative, harganya murah, cocok untuk berbagai kondisi (outdoor, indoor, action, cahaya yang cukup, menghasilkan warna yang netral.


Pengalaman
Menurut saya, AgfaPhoto Vista Plus 400 ini memproduksi warna yang cenderung netral dan cukup sensitif terhadap cahaya. Bagaimana tidak sensitif? Foto-foto yang saya hasilkan sebagian terbakar meskipun foto pada malam hari hanya menggunakan internal flash. Maka berdasarkan pengalaman, cobalah mengambil foto dengan roll film ini dalam keadaan cahaya yang aman atau tidak sensitif seperti pada matahari pagi atau usahakan tidak menggunakan flash.

Lebih lanjut lagi, mungkin aslinya roll film ini tidak sebegitu sensitif seperti yang saya jelaskan. Beberapa foto-foto di internet yang saya temukan berhasil mendapatkan hasil yang baik.

Namun, dibalik foto yang terbakar selalu menciptakan efeknya tersendiri. Foto menjadi semakin artsy dan kece dan pasti tanpa editan menggunakan aplikasi.

Untuk kamu yang mempunyai dana minim tetapi ingin mencoba, maka AgfaPhoto Vista Plus 400 cocok buat kamu karena harganya yang cukup murah dan ketersediaannya yang mudah didapatkan di toko fisik atau online shop.

Contoh hasil
Di bawah ini adalah hasil foto dari saya menggunakan kamera film analog Canon Mate Tiger yang diisi roll film AgfaPhoto Vista Plus 400. Untuk koleksi foto film lainnya bisa dilihat disini.

hasil foto agfaphoto vista plus 400
hasil foto agfaphoto vista plus 400

Rekomendasi
Untuk mendapatkan roll film ini, saya merekomendasikan beli di online shop seperti HungryForFilm atau langsung datang ke Central Digital Lab Jogja. Di e-commerce lainnya juga banyak menyediakan roll film AgfaPhoto Vista Plus 400 ini. Selamat berburu.

Kesimpulan
Ada baiknya kamu mencoba roll film FujiColor C200 terlebih dahulu dibanding roll film yang sedang dibahas ini. Karena, berdasarkan banyak foto yang diunggah di instagram saya mengakui roll film FujiColor C200 lebih menghasilkan foto yang artsy. Tentu, semuanya kembali ke selera. Selain itu, jika kamu sanggup membayar lebih sedikit, ada baiknya mencoba Kodak Color Plus 200. Kualitasnya bisa lebih baik dari kedua roll film tersebut.

Di bawah ini juga, saya memberikan sedikit pandangan mengenai roll film AgfaPhoto Vista Plus 400 dalam format Yes (direkomendasikan) dan No (kurang direkomendasikan).

Yes
  • Untuk pemakaian harian
  • Mudah ditemukan di tempat kamu
  • Cocok untuk yang lebih menyukai netral Color dibandingkan warm & colder tones.

No
  • Sensitif terhadap cahaya dan mudah terbakar
  • Tidak menghasilkan detail yang begitu baik sehingga kurang cocok untuk foto potrait atau landscape


Di kesempatan selanjutnya saya lebih tertarik untuk mencoba FujiColor C200 atau roll film murah dari Kodak karena hasil foto yang didapatkan bisa lebih terjamin dan saya lebih prefer untuk menghasilkan foto yang cukup bersih.

hasil foto favorit dari agfaphoto vista plus 400
hasil foto favorit dari agfaphoto vista plus 400

Shoot by: Luthfi Assholam - Roll 2
Camera: Canon Mate Tiger
Roll: AgfaPhoto Vista Plus 400
Dev & Scan: CentralPhoto Digital Lab - Address Click Here
Location: Sleman, Yogyakarta and Gunungkidul, Java, Indonesia
Instagram: @luthfi.assholam 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Review AgfaPhoto Vista Plus 400"

Show your thoughts, let me know if you were here.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel