Review Kodak Color Plus 200


Ini adalah perjalanan saya yang ketiga mencoba kamera anlog film. Kali ini saya mencoba sebuah roll film yang sangat populer, roll sejuta umat yaitu Kodak Color Plus 200. Percobaan roll ini membawa saya berkeliling sepanjang jalan Malioboro di hari Jum’at pagi, foto saat bermain di Timezone, di Mall dan yang terakhir saya dan teman-teman camping di salah satu pantai di Gunungkidul.
 
 Review Kodak Color Plus 200
 Review Kodak Color Plus 200. (sumber: camerafilmphoto.com)

Saya cukup terkejut dengan hasil foto dari rool film Kodak ini. Kualitas fotonya begitu baik, terutama pada warnanya yang cenderung hangat dan kontras yang cukup tajam. Dengan harga sekitar 55 ribu, maka roll film ini sangat direkomendasikan bagi siapapun yang belum pernah mencobanya.

Dibandingkan dengan roll film AgfaPhoto Vista Plus 400 yang pernah saya review sebelumnya, maka seharusnya roll film besutan Kodak ini lebih diutamakan.

Spesifikasi
  • Iso: 200
  • Grain: baik
  • Ketajaman: baik
  • Kontras: Baik
  • Jenis Film: colour negative
  • Proses: C41
  • Format: 35mm
  • Exposures: 24, 36
  • Ketersediaan: 4/5
  • Catatan: film colour negative, harga terjangkau, cocok untuk berbagai kondisi (outdoor, indoor, action, cahaya yang cukup, cahaya matahari pagi.


Pengalaman
Dengan ciri khas warna tone yang hangat, maka berdasarkan pengalaman saya, roll film Kodak ini sangat cocok untuk kondisi pengambilan foto cahaya matahari pagi. Dengan begitu, kontras pada foto tetap terjaga baik namun warm tones yang dihasilkan tidak berlebihan sehingga pas sekali untuk dilihat.

Selain itu, Kodak Color Plus 200 ini juga sangat cocok untuk pemakaian harian untuk keperluan foto jenis apapun karena harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan di berbagai tempat di daerah mu ataupun di online shop.

Contoh hasil
Di bawah ini adalah hasil foto dari saya menggunakan kamera film analog Canon Mate Tiger yang diisi roll film Kodak Color Plus 200. Untuk koleksi foto film lainnya bisa dilihat disini.

hasil foto kodak color plus 200
hasil foto kodak color plus 200

Rekomendasi
Jika kamu merasa tertarik menggunakan roll film ini, kamu bisa membelinya di toko digital lab (biasanya selalu ada) atau beli di online shop seperti Tokopedia, Bukalapak, Carousel atau instagram. Saya sendiri membeli roll film ini di Centra Digital Lab Jogja atau saya merekomendasikan kamu untuk membeli di HungryForFilm (penjual terpecaya).

Kesimpulan
Kodak Color Plus 200 sangat direkomendasikan bagi pemula karena harganya terjangkau sekitar 55 ribuan. Roll film ini juga menjadi opsi sekaligus pesaing dari roll film AgfaPhoto Vista Plus dan FujiColor C200 di kisaran harga yang sama.

Selain itu, film ini pada awalnya tidaklah ada kesan official dari Kodak dan sepertinya tidak disalurkan ke seluruh pasaran. Dulu, roll film ini kebanyakan di buat di China sebelum sekarang lebih banyak diproduksi di Amerika. Di negara UK, Taiwan dan Spain roll film ini pada awalnya cukup sulit didapatkan.

Kini, seiring dengan meningkatnya minat pada fotografi analog film, maka pasar juga sudah cukup gesit memenuhi kebutuhan konsumen tersebut sehingga sekarang roll film Kodak Color Plus 200 sangat mudah ditemukan.

Di bawah ini juga, saya memberikan sedikit pandangan mengenai roll film Kodak Color Plus 200 ini dalam format Yes (direkomendasikan) dan No (kurang direkomendasikan).

Yes
  • Untuk pemakaian harian
  • Mudah ditemukan di tempat kamu
  • Cocok untuk yang lebih menyukai warm Color dibandingkan colder tones seperti FujiColor c200

No
  • Kurang disarankan pada kondisi panas yang begitu terang
  • Tidak menghasilkan detail yang begitu baik sehingga kurang cocok untuk foto potrait atau landscape
  • Tidak cocok untuk malam hari, pilih Kodak ultramax 400 jika terpaksa


Pada akhirnya, saya sangat ingin menghasilkan foto dengan roll film ini lagi di kesempatan berikutnya. Sangat worth it sesuai dengan harga dan kebutuhan saya.
hasil foto favorit dari kodak color plus 200
hasil foto favorit dari kodak color plus 200

Shoot by: Luthfi Assholam - Roll 3
Camera: Canon Mate Tiger
Roll: Kodak Color Plus 200
Dev & Scan: CentralPhoto Digital Lab - Address Click Here
Location: Sleman, Yogyakarta and Gunungkidul, Java, Indonesia
Instagram: @luthfi.assholam 

4 Responses to " Review Kodak Color Plus 200"

show your thoughts, let me know if you were here.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel