Cara Memakai dan Keunggulan Disposable Camera


Pada era digital ini, ada beberapa orang yang kembali mencintai hal-hal yang sudah lawas. Salah satunya yaitu disposable camera. Disposable camera atau kamera sekali pakai adalah kamera berjenis rangefinder berformat analog dengan isi roll film berupa 35 mm. jadi, ini bukan kamera digital, sehingga hasil yang didapatkan dari kamera tidak bisa langsung bisa dilihat seperti pada kamera digital pada umumnya.

Cara Memakai dan Keunggulan Disposable Camera
Cara Memakai dan Keunggulan Disposable Camera. (sumber: danfinnen.com)

Untuk mendapatkan hasil dari disposable cam, kamu harus menghabiskan isi roll film pada kamera yang berjumlah 24, 27, atau 36 frames tergantung pada merk kamera disposable yang kamu pakai. Kemudian, roll film tersebut kamu bawa ke tempat cuci film.

Jika kamu hanya menginginkan hasil berupa soft file (untuk upload), maka kamu cukup bilang ke mbak/mas di tokonya cuci dan scan film. Kamu bisa mengambil data soft file itu dengan CD atau kamu titipkan flashdisk. Tempat saya cuci scan di Jogja ada di Central Photo Digital Lab untuk alamatnya klik disini.

Disposable camera pada awalnya ada untuk memenuhi kebutuhan para traveller yang menginginkan hal yang praktis dan murah. Mungkin ada beberapa orang yang sedang jalan-jalan lupa membawa kamera atau takut akan resiko rusak dan hilang saat di perjalanan.

Maka, dengan disposable cam, kamu cukup membeli kamera ini yang aslinya dijual dalam bentuk sachet-an dengan harga kisaran 150-200 ribu di indonesia. Kamu bisa membelinya di online shop atau titip teman langsung dari negara asal (semisal jepang). Salah satu tempat yang saya rekomendasikan yaitu Jellyplayground pemiliknya bernama Renaldi.

Karena kamera ini didesain praktis, maka sebisa mungkin kamu harus bijak dalam memakainya. Perlu diketahui bahwa kamera ini biasanya berjenis rangefinder dengan jarak fokus minimal 3meter dan moder fokus bebas.

Jadi, kamu harus mengatur jarak minimal 3meter setiap ambil foto agar hasilnya tidak blur dan object yang terlihat pada view finder hasilnya tidak sama, melainkan akan sedikit pergeseran framming pada foto. 

Kamera ini memiliki fixed aperture f/10 atau fokus ke semua dan tidak disarankan pengambilan gambar untuk kondisi minim cahaya. Shutter speed yang ada yaitu auto sekitar 1/125 detik dan dilengkapi dengan internal flash dengan waktu recycle 4 detik. Karena kamera disposable bukan kamera digital maka tidak ada tombol off/on dan kamera akan kokang otomatis.

Batre yang ada pada kamera hanya digunakan untuk keperluan daya flash internal. Untuk ambil gambar hanya cukup dengan meng-klik tombol shutter dan memperhatikan object pada view finder.

Dengan disposbale kamera tentunya kamu akan mendapatkan hasil yang berbeda dari foto biasanya. Hasil foto yang didapatkan lebih artsy dan vintage yang tidak bisa didapatkan dengan kamera digital apapun.

Kecuali, dengan bantuan aplikasi edit. Tetapi, tetap saja sensasi memakai kamera disposable dengan roll film ini lebih excited karena prosesnya.

Cara memakai
Untuk memakai kamera ini tidaklah sulit. Kamu hanya perlu membuka bungkus sachet kamera lalu melihat gambar petunjuk yang ada di bagian belakang kamera. Walaupun petunjuknya tidak dalam bahasa tetapi ilustrasi petunjuk mudah dipahami.

Sudah banyak juga video youtube yang membahasa hal ini. Yang penting dari cara memakai kamera ini adalah pastikan sisa roll film masih tersedia yang bisa dilihat pada bagian atas kamera. Lalu, terapkan prinsip: lebih baik fotonya terlalu terang daripada terlalu gelap dan tidak kelihatan objeknya.

Prinsip ini berlaku karena jika kamu mendapatkan hasil foto yang over exposure (terlalu terang) justru menimbulkan kesan artsy. Sebaliknya, jika pada under exposure (gelap) maka object tidak kelihatan dan biasanya foto seperti ini tidak bisa diperbaiki dengan aplikasi editing sekalipun.

Keunggulan
Dengan penjelasan mengenai disposable camera diatas, maka berikut ini adalah keunggulan-keunggulan yang dimilikinya yang membuat kamu semakin tertarik untuk mencoba.

  • Hasil foto yang khas

Alasan utama orang mencoba kamera ini biasanya terletak pada foto yang dihasilkan. Dengan kamera ini, fotonya terlihat lebih artsy, vintage, natural dan warna yang khas. Dengan ciri khas tone grainy-nya yang epic maka kamu akan mendapatkan kesan foto yang mendalam.

  • Mudah digunakan

Cara pemakaiannya yang mudah yaitu cukup dengan mengarahkan kamera ke objek, menghidupkan flash jika dibutukan dan klik tombol shutter. Jika kamera tidak bisa di klik, berarti roll film sudah habis dan kamu bisa langsung memprosesnya.

  • Mudah ditemukan

Mungkin karena permintaan pasar, kamera disposable sudah mudah ditemukan. Banyak online shop yang menjual dengan variasi berbagai merk. Coba saja ketik di google, tokopedia, bukalapak, atau instagram dengan keywprd beli disposable cam. Insya allah langsung ketemu.

  • Banyak pilihan merk

Kamera bertipe 35 mm ini diproduksi oleh berbagai merk seperti kodak, afga le box dan merk fujifilm quicksnap yang paling terkenal. Selain itu, disposable cam juga tersedia dalam format hitam putih yaitu dari Ilford yang harganya lebih mahal.

Contoh Hasil
Di bawah ini adalah hasil foto dari saya menggunakan kamera Fuji Hi-Speed 1600 Disposable Film. Untuk Koleksi foto film lainnya bisa dilihat disini.

hasil foto disposable camera
hasil foto disposable camera
Kesimpulan
Secara keseluruhan kamera ini menurut saya sangat layak dicoba jika kamu suka fotografi. Dengan harga yang cukup terjangkau, kamu bisa menghasilkan foto yang unik dan menarik serta sangat artsy untuk kamu upload di sosial media. 

Selain itu, pengalaman yang didapatkan saat memakai disposable cam tentu berbeda dengan kamera digital karena ada proses didalamnya. Jika kamu mau mencoba, sebenarnya kamera ini bisa digunakan kembali dengan me-reload roll film.

Sudah ada beberapa video yang memberitahu caranya. Namun, jika tidak bisa, maka cukupkan pada pemakaian yang sekali pakai dan kamu tidak akan rugi karena bangkai kamera ini sangat koleksi-able untuk pajangan.

Sekian dulu, semoga kamu tertarik mencobanya.

4 Responses to "Cara Memakai dan Keunggulan Disposable Camera"

show your thoughts, let me know if you were here.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel