Cara Sukses Memulai Blog



Saya memulai blog ini beberapa tahun yang lalu dengan pengetahuan dasar tentang blog yang tidak ada sama sekali. Hampir semuanya saya pelajari sendiri di internet. Dulunya, pengetahuan tentang blogging ini masih tidak sebanyak sekarang. Mencoba dan mempraktekkan langsung adalah mungkin cara para blogger pendahulu untuk sukses.

Dalam dunia blogging, salah satu niche yang paling laku dan menghasilkan uang adalah niche blog dan SEO. Kemudian, salah satu keyword yang paling banyak di pencarian adalah cara membuat blog, tips blogging serta SEO. Maka dari itu, kali ini saya mencoba ikut serta berdesakan di mesin pencari dengan membahas tips blogging yaitu Cara Sukses Memulai Blog.

Cara Sukses Memulai Blog
Cara Sukses Memulai Blog

Berikut ini adalah cara-caranya untuk memulai blog yang sukses versi saya.
  • Pilih blogging platform dan domain
  • Desain blog dengan template yang sederhana
  • Modifikasi blog untuk mendefinisikan gaya mu
  • Optimasikan blog dengan SEO dasar
  • Mulailah menulis


Dari kelima poin diatas mari kita membahasnya satu persatu secara lebih jelas.

  • Pilih blogging platform dan domain


Untuk memulai blog maka tahapan pertama yang mesti kamu lakukan adalah memilih blogging platform. Contohnya yaitu Blogspot, WordPress.com, WordPress.org dan masih banyak blogging platform lainnya. Yang membedakan ketiganya adalah hosted dan self-hosted. Blogspot dan WordPress.com termasuk kategori hosted. Sedangkan WordPress.org termasuk kategori self-hosted.

Setiap blogging platform tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tentu biasanya yang mempunyai harga yang paling mahal biasanya lebih banyak menawarkan kelebihan seperti pada blogging platform WordPress.org. 



perbedaan self-hosted dan hosted
perbedaan self-hosted dan hosted. (sumber: panduanIM.com)

Tetapi, sebagai pemula ada baiknya memulai blog dengan modal sekecil mungkin agar sesuai prinsip ekonomi (memulai dengan modal sekecil mungkin dan mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya). 


Ada baiknya, sebagai pemula, kita bisa memilih blogging platform dari Blogger. Kamu tetap bisa menghasilkan keuntungan nantinya dengan platform blog dari Blogger dan penghasilannya bisa juga sama dengan bloggger yang mempunyai modal besar dengan memilih platform blog kelas atas.

Setelah memilih blogging platform, maka selanjutnya kamu harus memilih domain. Domain adalah kata yang mendefinisikan identitas blog kamu di internet dan yang menjadi nama jual mu kedepannya. 

Usahakan menentukan domain yang mudah diingat, familiar sehingga orang-orang tidak akan kesusaha jika ingin kembali berkunjung karena keunikan nama domain tersebut. 

Sebenarnya, bisa saja kamu tidak memiliki domain kamu sendiri. Semisalnya, tetap memakai domain bawaan dari Blogger, berupa akhiran blogspot (dot) com. 

Akan tetapi, jika kamu memilih tetap menggunakan domain seperti ini biasanya akan terkesan blog yang kurang terpecaya dan kurang professional serta bahkan dianggap blogger yang belum serius. 

Dari ketiga blog yang saya miliki saat ini (blog pribadi: luthfiassholam.com, blog tentang teknik sipil sesuai background saya: ruang-sipil.com dan blog ketiga yang saat ini masih dalam tahap pengembangan) kedua blog dari ketiga blog tersebut sudah memakain domain TLD. 

Semua domain yang saya miliki, saya mempercayainya pada Idwebhost atau kamu bisa langsung klik disini jika kamu tertarik mencobanya. Saya sangat berani menjamin layanan dari Idwebhost ini sangat memuaskan. 


Dari awal saya ngeblog, semua urusan domain bisa selesai secara sukses berkat bantuan yang sigap dari teman-teman idwebhost. Benar-benar sangat membantu untuk pemula. 


Untuk harga pada idwebhost juga sangat bersaing dan bagi saya harga yang ditawarkan sangat sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Jika ada rumah penyedia domain yang menawarkan harga yang lebih murah, biasanya pelayanan yang diberikan juga berbanding lurus.


Beberapa teman blogger juga pernah curhat mengenai penyeselan mereka membeli domain dengan harga yang murah tetapi kecewa pada akhirnya. Sekai lagi, jika kamu ingin memilih domain langsung saja ke Idwebhost.

Mengenai kelebihan menggunakan Top Level Domain (TLD), seorang teman blogger saya sebut saja Pak Eko pernah membahasnya. (baca di sini).


  • Desain blog dengan template yang sederhana


Untuk urusan template blog, ini adalah masalah selera setiap blogger. Tetapi satu hal yang perlu diingat adalah hendaknya teman-teman yang baru membuat blog memilih desain blog dengan template yang sederhana saja karena template yang sederhana biasanya akan lebih memudahkan pengunjung dalam mengakses isi blog kita. 

Jika kamu mempunyai uang lebih, saya sangat merekomendasikan untuk membeli template premium. Banyak sekali kelebihan template premium dibandingkan template gratisan. 


Diantara kelebihannya adalah full support dari pembuat template, no credits pada template, lebih akrab dengan SEO dan besar peluang untuk lebih diterima google adsense nantinya serta kelebihan rincian lainnya yang sudah ditampilkan pembuat template saat kamu ingin membeli suatu template blog. 


Untuk di indonesia sendiri yang saya ketahui kamu bisa membeli template blog dengan mas sugeng dan mbak arlina. Keduanya sudah sangat mahsyur dan templatenya dijamin mantap. 


Tetapi jika dirasa bagi kamu, template yang mereka jual masih kemahalan maka ada baiknya tetap berusaha mencari template gratisan yang mempunyai kualitas yang mendekati template premium. 


Atau pilihan terakhirnya kamu bisa membeli template premium dengan harga yang jauh lebih murah dengan saya, langsung saja hubungi saya melalui email untuk membelinya (kebetulan saya punya 2 template premium hehe). Klik disini jika kamu tertarik mencoba template premium.



blog arlinadzgn, sugendid, panduanim, idwebhost
blog arlinadzgn, sugendid, panduanim, idwebhost

  • Modifikasi blog untuk mendefinisikan gaya mu


Setelah selesai dengan desain template blog, maka selanjutnya adalah kamu bisa memodifikasikan blog sesuai dengan gaya atau ciri khas yang kamu miliki. 

Walaupun template yang kamu miliki adalah template premium sekalipun, namun ada baiknya kamu tetap harus mengatur dan memodifikasi seusai kebutuhan dan ciri khas. 


Tentu teman-teman blogger tidak mau, blognya terlihat sama dengan yang lainnya. Atau paling tidak blog kamu haruslah menarik bagi pengunjung. 


Akan tetapi, jika dirasa kamu orangnya tidak memiliki ciri khas tertentu maka gunakanlah rambu-rambu dalam modifikasi blog yaitu sesuai kebutuhan. 


Jangan berlebihan dalam mendesain blog, karena hal ini lumrah terjadi blogger pemula yang begitu rajin dalam merubah-rubah desain blognya. 


Kamu bisa mencontoh blog ini sebagai salah satu referensi atau blog tentang SEO yang biasanya mempunyai desain blog mumpuni seperti panduanIM dan sugeng.id.


  • Optimasikan blog dengan SEO dasar


Salah satu hal yang sangat penting untuk blogger pemula ketahui adalah pengetahuan SEO dasar. SEO atau search engine optimizisation adalah elemen penting yang memudahkan mesin pencari dalam mendeteksi keberadaan blog kita di internet. 

Akan tetapi, menurut saya kamu tidak perlu berlebihan dalam menerapkan teknik SEO pada blog. Hal ini, jika salah dalam perlakuannya maka akan bisa berakibat fatal pada blog. 


Paling parah bahkan blog kamu bisa kena banned oleh google. Pandangan pribadi saya kunci blogg sukses adalah terdapat pada user experienced. 


User experienced atau pengalaman pengguna adalah sesuatu yang tidak diformulakan secara pasti oleh siapapun baik oleh master atau suhu blog sekalipun. 


Karena user experienced yang baik tercipta karena adanya rasa pemenuhan kebutuhan atas apa yang sedang mereka cari di internet dan hal tersebut menyelesaikan persoalan mereka. 


Hal inilah yang sangat penting menurut saya. Saya melihat banyak sekali para blogger yang berlomba menerapkan teknik SEO secara berlebihan tetapi melupakan konten isi blog mereka. 


Jauh lebih dari ini semua, maka ada baiknya blog kita bisa memberikan konten yang bermanfaat pada orang lain selain mendapatkan user experienced yang baik tentunya akan mendapatkan amal yang semoga terhitung ibadah. Amin.


  • Mulailah menulis


Blogging tanpa menulis maka tidak akan jadi apa-apa. Saya yakin, jika kamu sampai pada tulisan ini: Cara Sukses Memulai Blog, sudah dipastikan kamu sedang ingin memulai blog bahkan sudah berpikir jauh untuk menjadi blogger yang sukses. 

Maka, mulailah menulis. Mulailah menulis dengan topik yang kamu kuasai dan kamu sangat passion tentang hal itu. Jika kamu berpikir untuk memulai blog pribadi, maka kamu bisa berbagi cerita pengalaman kamu yang bisa diambil pelajarannya untuk orang lain. 



mulailah menulis
mulailah menulis

Atau jika kamu ingin memulai blog dengan niche tentang background keahlian, maka semoga blog tersebut bisa menyebarkan dan mendapatkan sebanyak-banyaknya manfaat. 


Jangan dulu berpikir tentang uang, popularitas dan trafik blog. Fokuslah dulu dalam berbagi dan membangun konten blog yang baik, terus semangat dan semoga kita bisa tetap istiqomah dan konsisten dalam berbagi tulisan yang baik.

Oke, sekian dulu sharing kali ini. Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan, kritik dan saran lansung saja berkomentar di bawah. Dengan senang hati dibantu jika saya bisa. Jika tidak, mungkin saya bisa bertanya terlebih dahulu ke para guru-guru blog lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

13 Responses to "Cara Sukses Memulai Blog"

  1. Artikelnya sangat menarik gan, mampir juga di blog saya www.pesaninspiratif.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih agan abd jalil. sudah saya kunjungi blognya.

      Delete
  2. Membuat blognya sih mudah gan,,,yg susah itu mengelolanya,,,perlu kesabaran extra,,,dan sifat pantang menyerah,,,karena kadang hasilnya tidak sesuai ekspektasi hehehe,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti saya ini soalnya pengalamannya,,,belajar otodidak lewat google,,tanpa ada yang mwngajari,,,

      Delete
  3. tips bagus... terus berbenah sambil belajar.... terima kasih

    ReplyDelete
  4. Tadi saya cari-cari artikel cara sukses memulai blog. Ternyata semuanya kurang puas bagi saya. Berkat adanya artikel ini, saya menjadi tahu dan saya bisa memulai dalam membuat blog. Terimakasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah gan, semoga bermanfaat hehe

      kunjungi jg artikel lainnya..

      Delete
  5. Saya sebagai blogger pemula sangat terbantu dengan artikel ini, makasih gan

    ReplyDelete
  6. buat blognya si mudah sekarang tapi terus eksis dan merawatnya yang susah sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan blog kalah sama platform lain semisal youtube .-

      Delete

Show your thoughts, let me know if you were here.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel