Cara Membuat Blog Gratis, Professional dan Tips untuk Pemula


Cara mudah membuat blog? Cara sederhana membuat blog? Cara membuat blog? Beberapa pertanyaan yang biasanya diajukan seseorang yang baru ingin membuat blog.

Termasuk saya dulu pada saat pertama kali ingin membuatblog. Dengan artikel ini, diharapkan bagi teman-teman semua yang sedang mencari informasi terkait cara membuat blog, semoga bisa dengan mudah mempraktekkannya.

Aktivitas Blogging
Aktivitas Blogging. (sumber: pixabay.com)
Di zaman sekarang, sudah sangat lazim dan lumrah individu atau perusahaan memiliki blog. Segala bentuk usaha seperti toko online atau kepentingan personal branding (ex: radityadikashitliciousmalakmalakmal) sudah memiliki blog.

Baiklah langsung saja ke Cara Membuat Blog dalam 7 langkah mudah berikut ini.

#Membuat Blog

1. buka browser yang kamu miliki. Pastikan tersambung ke internet. Lalu, ketikkan di kolom pencarian: https://www.blogger.com/start atau klik di sini: mulai buat blog.

2. login ke akun Google yang kamu miliki (Jika belum punya, silahkan buat aku Google terlebih dahulu). Ketika kamu sudah login, klik “create a new blog” atau “buat blog baru” atau langsung saja menuju link ini: buat blog di blogspot.

3. masukkan nama blog. Pilihlah nama blog dengan bijak. Jika kamu bingung cara menentukan blog, maka cobalah tanyakan beberapa pertanyaan ini ke diri kamu:
  • Apa tujuan blog ini?
  • Siapa audiens/pasar blog ini?
  • Apakah nama blog ini akan sesuai dengan konten yang akan ditulis?
  • Apakah nama blog ini baik untuk waktu jangka panjang?
  • Apakah nama blog ini unik atau mirip dengan suatu brand tertentu?

Bisa-bisa pemilihan nama blog ini memerlukan waktu 5-10 menit.

4. pilih alamat blog atau URL. Alamat ini layaknya alamat rumah kamu di dunia nyata. Bedanya, jika di dunia nyata alamat berisikan nama jalan, no rumah, kelurahan dll, maka di internet, alamat blog hanya berupa kata-kata berakhiran .com, .id, .net, .org, .xyz, .top (domain TLD) atau berakhiran .blogspot.com, wordpress.com (domain pihak ketiga | Gratis!). 

Ada yang menyarankan untuk tidak memakai nama pribadi. Tapi, itu semua tergantung tujuan kamu dalam membuat blog. 

Selain itu, jika tujuan kamu membuat blog untuk rencana yang lebih serius, atau bahkan mungkin kamu memerlukan sebuah nama blog untuk brand/perusahaan yang nantinya akan hadir di semua platform sosial media internet, ada baiknya kamu mencoba langsung ke tool berikut ini: tool untuk cek ketersedian nama domain & username sosial media.

5. pilih template. Jika kamu membuat blog di blogspot, maka pilih saja template bawaan yang telah disediakan secara gratis. 

Untuk konfigurasi atau desain template yang lebih professional atau bahkan lebih SEO, ada baiknya kamu coba membeli template premium yang sudah banyak dijual. 

Saya merekomendasikan kreator seperti Sugeng, Arlina, Goomsite atau beli template di situs luar negeri.

Template Premium VioMagz. (sumber: sugeng.id)

6. klik buat blog. Jika sudah menentukan nama blog dan alamat blog dengan template bawaan blog, maka langsung saja klik “create blog”. Sampai di sini blog kamu sudah jadi. 

Sebelum kamu mulai membuat postingan, tambahkanlah beberapa elemen yang harus ada di sebuah blog seperti: halaman (about, sitemap, contact, dll), widget (popular posts, recent posts, label, archive, dll) dan deskripsi blog. 

Atur/setting juga beberapa hal yang ada pada kolom setelan/setting seperti: setelan dasar, postingan, komentar, berbagi, email, bahasa, pemformatan, preferensi penelusuran, setelan penggunan dan lainnya. 

Hal penting dilakukan karena setidaknya terkait faktor teknik seperti keamanan dan SEO.  Semua elemen blog, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Sampai disini, maka bisa dipastikan kamu sudah memiliki sebuah blog.

Dalam dunia blogging tidak lepas dari hal yang berkaitan dengan kebijakan (konten) dan persyaratan (layanan) seperti halnya di dunia nyata kita hidup dengan beberapa kebijakan, persyaratan atau peraturan. 

Ada baiknya kamu mengetahui kebijakan dan persyaratan layanan tersebut. berikut di bawah ini penjelasannya.

#Kebijakan Konten Blog

Kegiatan blogging yang dilakukan seorang blogger atau disebut nara blog pada dasarnya bertempatkan di internet (dalam hal ini seperti blogspot, wordpress atau hosting sendiri). 

Karena konten blog umumnya bisa diakses oleh banyak orang, maka dibuatlah beberapa kebijakan berupa pelarangan terhadap konten-konten berikut yaitu:

  • Konten dewasa: tidak diizinkan blog dengan konten dewasa (berupa gambar ata video) yang didalamnya terdapat ketelanjangan/aktivitas seksual.
  • Keselamatan anak: sangat dilarang membuat konten tentang eksploitasi anak seperti kekerasan fisik atau pedofilia.
  • Perkataan kebencian: jangan memposting ungkapan kebencian dalam bentuk atau narasi apapun. Walaupun, pada dasarnya setiap orang mempunyai hak untuk mengungkan suaranya.
  • Konten kasar: dilarang menampilkan konten yang mengejutkan atau seram. Misalnya: gambar luka tembakan jarak dekat, kecelakaan tanpa sensor tanpa memberikan tanpa penjelasan tambahan konteks tertentu.
  • Kekerasan: dilarang membuat konten kekerasan baik berupa penjelasan atau ajakan terhadap kekerasan. Harap berikan penjelasan yang cukup kepada pembaca mengenai apa yang sebenarnya terjadi.
  • Selain kebijakan-kebijakan yang telah diberikan di atas, masih ada beberapa kebijakan konten yang dilarang yaitu: konten teroris, pelecehan, ancaman, hak cipta, informasi pribadi/rahasia, peniruan, pemalsuan, aktivitas ilegal, spam, malware, virus, dan barang/jasa yang telah diatur.


Bagi kita para blogger yang setuju dengan beberapa kebijakan di atas sangat disarankan untuk menggunakan link ‘laporkan penyalahgunaan’ jika menemukan blog yang berisi konten pelanggaran kebijakan.

#Persyaratan Layanan Blog

Pada dasarnya persyaratan layanan blog merupakan segala sesuatu yang terkait dengan layanan yang telah disediakan dan pengguna layanan dalam hal ini blogger harus mematuhi layanan tersebut. 

Silahkan baca persyaratan layanan blog di masing-masing penyedia layanan (blogspot.com, wordpress.com, self hosted).

#Mengelola Blog

Setelah kamu, berhasil memiliki sebuah blog, maka kamu dapat mengelola blog tersebut dalam hal siapa saja yang boleh mengedit, membaca blog dan kamu juga dapat mendesain sesuai keinginan. Berikut penjelasannya.

Cara Mengontrol Akses Blog

Mengontrol akses blog meliputi beberapa hal yaitu: mengizinkan orang lain mengedit blog, memberikan akses kepada anggota tim, menghapus akses dari anggota tim atau tim sendiri, memecahkan masalah (admin akses, kepemilikan blog), melihat siapa yang bisa melihat blog, menghapus akses blog, dan memindahkan blog ke pemilik baru.

Cara Mengubah Desain Blog

Setiap individu memiliki selera tersediri dalam menampilkan blog yang dimiliki. Oleh karena itu, setiap blog pada dasarnya bisa di desain tata letak, skema warna, dan banyak lagi. 

Cara-cara yang bisa dilakukan dalam mengubah desain blog adalah mengubah blog menggunakan gadget pada tata letak, mengubah desain blog menggunakan HTML atau CSS atau mendesain dengan jasa professional seperti beli template premium atau jasa pembuatanwebsite.

#Memecahkan Masalah di Blog

Pada perjalanannya, mungkin aktivitas blogging kamu menemui masalah. Dari masalah yang sederhana sampai hal kompleks. 

Solusinya, kamu bisa bergabung dengan komunitas blogger yang sudah banyak di internet di sebuah forum, grup facebook, grup whatsapp, menghubungi master blog (mastah) atau sesederahan mencari solusinya dengan searching di Google.

#Manfaat Blogging

Ada banyak sekali manfaat blogging. Ada yang mencari uang, untuk eksistensi pribadi/usaha di internet atau sekedar sharing cerita ringan. Saya sendiri melihat, setidaknya ada 8 manfaat blogging yaitu:
  • menambah pengetahuan
  • menyalurkan ide/pendapat
  • mendapatkan traffic
  • memberitahu apa yang sedang dikerjakan/dilakukan
  • memperloleh kesempatan baru
  • membuat koneksi baru
  • mempengaruhi audience
  • mendapatkan uang (he he)


#Tips Sukses Menjadi Blogger untuk Pemula

Ada banyak sekali tips dengan berbagai versi di internet mengenai tips menjadi blogger sukses. Disini, saya hanya menyebutkan beberapa hal yang saya yakini sebagai tips sukses menjadi blogger untuk pemula seperti saya yaitu:

  • Terus belajar. Jika memang suka nge-blog atau istilahnya passion di blog maka teruslah belajar. Ada banyak sekali informasi blogging yang tersedia di internet. Manfaatkan Google dengan baik. Blog sugeng.id dan panduanim.com saya rasa sangat cocok sebagai tempat belajar.
  • SEO. Ketika konten yang telah dibuat di-publish, maka kita perlu mengoptimalkan konten/blog kita di mesin pencari. Usaha kita dalam memaksimalkan blog/konten di mesin pencari disebut SEO (Search Enginer Optimization). Para master blogging merekomendasi untuk mempelajari SEO (setidaknya pengetahuan dasar) agar blog mendapatkan banyak visitor.
  • Blogwalking. Sesuai namanya, blogwalking adalah kegiatan jalan-jalan atau berkunjung ke blog orang lain yang diikuti komentar. Dengan cara ini kita bisa menjalin silaturahmi, mendapatkan ide, mendapatkan backlink agar nantinya blog kita juga mendapatkan pengunjung.
  • Forum/media sosial. Manfaatkanla media sosial dan forum sebagai tempat promosi atau berdiskusi. Carilah forum yang sesuai dengan minat dan mulai membantu dengan kemampuan/pengetahuan yang dimiliki. Dengan memberikan nilai tambah ke orang lain, maka bukan tidak mungkin kamu juga akan mendapatkan nilai tambah dari orang lain. Siapa yang menanam, maka ialah yang akan menuai.

Blogger Professional, Ahli SEO, Master Blogger
Blogger Professional - panduanim.com


#Kesimpulan

Saya harap setelah membaca postingan ini, kamu bisa mendapatkan manfaat dan tahu bagaimana cara membuat blog beserta informasi terkait blogging lainnya.

Jika kamu memiliki pertanyaan, kritik atau saran terkait blogging, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah.

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan postingan ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "Cara Membuat Blog Gratis, Professional dan Tips untuk Pemula"

  1. mengubah desain blog menggunakan HTML atau CSS - masih terlalu berat untuk pemula hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe gak juga gan kalau ada tutorialnya

      Delete
    2. Betul gan masih sangat berat bagi kita yg pemula kalau menggunakan HTML dan CSS.

      Delete
    3. hehe iya pak saya juga sebenarnya terkadang masih suka error kalau ngedit HTML atau CSS

      biasanya kalau sudah gitu suka nanya ke master2 blog di komunitas.

      masih sama2 pemula jg nih...

      Delete
  2. Gan mau tanya, sehubung dengan saya masih pemula. Apakah ada cara lain untuk mengedit template dihp tanpa menggunakan pihak ketiga, soalnya kalo buka digoogle chrome ga bisa edit malah blank gitu. Mohon solusinya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya gan saya juga masih pemula, sama2 belajar.

      untuk sekarang saya belum tahu gan cara edit template di hp.

      biasanya kalo ngedit template, mesti di laptop.

      pertimbangannya, karena di hp terlalu kecil layarnya buat saya edit. navigasi pas ngedit jg agak kurang.

      kalo emg agan mesti edit lewat hp, coba pakai browser lain aja gan, mungkin bisa. seperti browser Puffin atau Firefox Lite.

      Delete

Show your thoughts, let me know if you were here.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel