Konten Marketing Membuat Penjualan Produk Naik 600%

Belakangan ini istilah konten marketing atau pemasaran konten masif terdengar.  

Apakah hal ini aneh? tentu saja tidak. 

Di era digital sekarang kegiatan konten marketing akan lebih mengandalkan kedigdayaan internet dan sosial media. 

Ini dikarenakan keadaan sudah berubah, cara berjualan sudah bergeser ke arah digital, pun begitu dengan cara-cara pemasarannya. 

Secara lengkap, pengertian dari konten marketing adalah  strategi pemasaran yang meliputi perencaraan, pembuatan dan pendistribusian konten yang menarik audiens dan mendorong audiens tersebut untuk menjadi konsumen.  

Tentu tujuan utama dari konten marketing adalah menarik audiens untuk mengenal  usaha anda.

Tujuan yang kedua adalah persuasi kepada audiens untuk menjadi konsumen.

belajar konten marketing dari bill gates
Content is King by Bill Gates

Dalam mengiklankan produk, dulu banyak pengiklan masih menggunakan cara lama. 

Namun, lambat laun hal ini mulai disadari oleh pengiklan bahwa promosi dengan cara konvensional sudah mulai ditinggalkan dan gencar beralih ke cara iklan yang lebih kekinian, yang menjangkau lebih banyak target pasar di semua kalangan dan lintas platform apapun.

Salah satu cara mengiklankan atau promo produk yang lebih menjanjikan saat ini yaitu dengan cara konten marketing. 

Beberapa juga menyebutkan cara ini dengan sebutan soft selling. Jadi, pihak pengiklan fokus memberi value atas sebuah produk ketimbang sibuk fokus ngomongin produk itu sendiri. 

Dengan cara ini terbukti, omset keuntungan dari sebuah produk meningkat. Kalau anda mau cari tahu, biaya iklan yang digelontorkan pengiklan saat ini bahkan jumlahnya bikin pusing kepala, sampai milyaran. 

Ini yang dinamakan perubahan dalam promosi produk dewasa ini. 

Jual konten anda, bukan produk anda

Ketika berbicara mengenai konten marketing dan membandingkannya dengan produk marketing, mana yang lebih efektif? tentu konten marketing memiliki sisi positif lebih banyak daripada produk marketing. 

Hal ini dikarenakan hal yang dipromosikan produk marketing adalah produk itu sendiri, sedangkan pada konten marketing yang di iklankan adalah konten atau hal menarik dari produk tersebut. 

Untuk jangka pendek produk marketing akan menggenjot penjualan dari produk tersebut, namun ketika iklannya tidak dimunculkan penjualan produk tersebut akan terjun bebas.

Kecuali branding produk anda sudah sekuat air minum mineral orang menyebutnya Aqua, deterjen pencuci pakaian masyarakat menyebutnya Rinso, mie instan anak kos menyebutnya Indomie, dan contoh lainnya.

Hal ini akan menjadi berbeda ketika anda mempromosikan konten yang menarik, hal tersebut akan membekas ke audiens dan ketika iklannya tidak muncul, penjualan produk akan tetap bagus.

Jadi kunci ketika anda melakukan konten marketing adalah “menarik”, ketika anda berhasil melakukan ini, anda akan membuat audiens anda menyimak konten anda. 

Ketika anda gagal membuat konten yang menarik, tentu anda akan gagal dalam konten marketing.

Hal yang hangat belakangan ini adalah sebuah perusahaan ride sharing asal indonesia yang memiliki fitur antar makanan, mengantarkan makanan sampai ke new york kepada seorang rapper asal indonesia.

Gojek antar makanan ke Rich Brian di New York
#PastiAdajalan
Apakah ini konten marketing? Jelas.

Perusahaan ini bahkan tidak mengiklankan produknya, perusahaan ini hanya menjalankan hal yang biasa mereka lakukan, tentu dengan melihat peluang dan sedikit ide gila mengantarkan makanan sampai ke New York. 

Namun hasilnya hal ini viral di twitter, mendapatkan re-tweet puluhan ribu dan komen yang tak kalah banyaknya. Hal ini yang sangat msutahil untuk tidak disimak oleh warga twitter. 

Promosi konten lebih efektif sampai 6x lipat

Lalu pertanyaan yang akan muncul adalah, kalau seandainya kita mempromosikan konten alih-alih produk, penjualan produk kita akan seperti apa? 

Pada dasarnya website yang menerapkan konten marketing memiliki penjualan 6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan website yang melakukan promosi produk.

Hal ini sangat bisa dipahami karena ketika anda melakukan promosi produk, pembeli  tidak mengetahui kualitas dari produk anda. 

Hal ini karena anda hanya menunjukkan apa yang anda jual dan secara terang-terangan mengajak orang membeli dagangan anda. Masyarakat sekarang rasanya lebih pintar untuk merasakan hal ini.

Beda cerita ketika anda memiliki konten yang menarik, audiens akan melihat perusahaan anda, bukan produk anda. 

Anda akan membangun kepercayaan audiens terhadap usaha anda, bukan produk anda. 

Hal ini akan sangat menguntungkan usaha anda secara jangka panjang. 

Nah anda bisa memanfaatkan banyak platform untuk konten marketing. Anda bisa membuat teaser video, review yang anda upload ke youtube, berbagi konten yang bernilai di blog dan masih banyak lagi hal yang bisa anda coba. yang terpenting adalah, “buatlah konten yang menarik”.

Oke, sekian dulu pembahasannya. Semoga sedikit penjelasan tentang apa itu konten marketing, sedikit penjabaran contoh konten marketing dan beberapa tips dalam konten marketing di atas bisa bermanfaat buat kalian para pembaca.

Jangan lupa bagikan tulisan ini kalau dirasa bermanfaat. Bagikan juga komentar anda pada kolom komentar di bawah, biar rame 😅.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Konten Marketing Membuat Penjualan Produk Naik 600%"

Post a Comment

Show your thoughts, let me know if you were here.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel