6 Tool untuk Riset Keyword Blog Adsense

Riset keyword adalah langkah penting sebelum menulis konten atau artikel untuk blog ataupun website. 

Riset keyword ini dilakukan untuk menentukan kata kunci apa yang pantas dan cocok digunakan di website Anda. 

Memilih kata kunci yang tepat ini penting karena akan berpengaruh pada performa blog atau website Anda di hasil pencarian. 

Setiap penulis blog maupun website harus mengetahui apa yang sering dicari oleh orang-orang di mesin pencari agar bisa menemukan kata kunci yang tepat untuk blog atau websitenya. 

Kata kunci atau keyword yang tepat bagi pemula biasanya didefinisikan dengan Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah.

Menentukan keyword juga erat hubungannya dengan Search Intent atau Tujuan Pencarian pada mesin pencari (Google, Bing, dll).

Riset Keyword Pencarian Tinggi dengan Persaingan Rendah
Riset Keyword untuk Blog

Secara global, pencarian di Google mencapai 3.5 milyar pencarian per hari. Peluang yang sangat besar bukan?

Selanjutnya, setelah anda menemukan kata kunci populer yang berkaitan dengan website anda, anda juga harus mengetahui bagaimana persaingan kata kunci tersebut. 

Berapa tingkat kesulitannya untuk berada di urutan pertama hasil pencarian Google. Artikel seperti apa yang berada di halaman pertama hasil pencarian.

Tidak hanya mengenai peringkat di mesin pencarian tetapi perlu diperhatikan juga mengenai nilai konversi atau cpc dari keyword tersebut. Jika ada publisher adsense mungkin akan setuju jika saya berkata percuma untuk memenangkan keyword dengan nilai CPC (Cost per Click) rendah.

Untuk mencari keyword, tidak cukup hanya dengan menggunakan google keyword planner saja karena dengan menggunakan tool ini, akan menghasilkan kemiripan yang tinggi. 

Hal tersebut dikarenakan tool ini sebenarnya digunakan oleh pengguna layanan iklan google. Oleh karena itu, menggunakan google keyword planner harus ada tambahan langkah lainnya.

Cara efektif untuk pencarian keyword

Sebelum menentukan jenis kata kunci, tentukan terlebih dulu tujuan dari konten yang akan anda terbitkan nanti. 

Apabila anda belum terpikirkan ide sama sekali, maka anda dapat mencari beberapa situs untuk mencari ide seputar bidang yang anda geluti, misal: bisnis online yang nantinya akan anda buat.

Setelah itu, anda perlu menggunakan sebuah tool.

Tool untuk mencari keyword tertarget 👇

✔Keywordtool.io

Keywordtool.io adalah sebuah tools dimana yang berfungsi untuk melacak kata kunci berdasarkan hasil pencarian Google.

Keywordtool.io ini memberikan pelayanan yang fantastis kepada penggunanya. Selain mudah digunakan, tools ini sangat cepat untuk mencari kata kunci yang pas untuk website/blog anda.

Langkah selanjutnya baru bisa menggunakan google keyword planner. Google Keyword Planner adalah sebuah produk Google yang dapat dimanfaatkan untuk memberi tahu kita volume pencarian untuk target keywords yang ingin kita gunakan. 

Selain itu, Google Keyword Planner juga dapat membantu Anda mencari keyword yang relevan dan berhubungan dengan website anda.

✔SEMRush

SEMRush adalah alat pemasaran mesin pencari website yang bertujuan untuk membantu blogger dan marketer dari semua tingkatan.

Anda juga dapat memeriksa lalu lintas pesaing anda menggunakan alat ini. 

SEMRush tidak hanya bermanfaat untuk penelitian koompetisi keyword tetapi juga gambaran luas tentang penelitian organik, posisi pencarian, backlink, dan penelitian iklan.

✔Long Tail Pro

Long Tail pro merupakan sotfware untuk mencari kata kunci dalam dunia SEO yang sudah sangat legendaris.

Dia di buat oleh Spencer Haws dari NichePursuits.com yang sangat berpengalaman di dunia internet marketing. 

Awal kenapa software ini dibuat, sebab Spencer Haws itu merasa capek dan tidak puas. Dia sudah beli banyak software pencari kata kunci, namun tak satupun yang memuaskannya.

✔Term Explorer

Fungsi term explorer hampir sama dengan Long Tail Pro, yaitu mencari keyword dan melakukan analisa persaingan. Bedanya term explorer berbasis web dan dibayar perbulan. Sedangkan long tail pro merupakan software dekstop dan dibayar sekali seumur hidup.

✔MozBar atau SEOQuake

Salah satu cara untuk melihat tingkat kesulitan sebuah keyword adalah dengan melihat apakah website yang ada di halaman itu website besar atau tidak. 

Jadi anda bisa mengunduh dan pasang salah satu dari mozbar atau seoquake. 

Keduanya tool ini gratis dan langsung bisa diunduh. Setelah terpasang, anda bisa melakukan pencarian di kolom pencarian Google.

✔Ubersuggest

Tool ini merupakan favorit banyak orang karena mudah digunakan dan cukup lengkap fiturnya.

Ubersuggest sendiri diciptakan oleh ahli Digital Marketing terkenal yaitu Neil Patel yang saya rasa cukup dikenal juga oleh kebanyakan orang indonesia.

Beliau juga aktif dalam memberi informasi seputar dunia digital marketing pada channel youtubenya.

Demikian pembahasan tentang Tools Riset Keyword, Jika kalian ada rekomendasi tool lainnya boleh ditambahkan pada kolom komentar.

Semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan untuk pembaca. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "6 Tool untuk Riset Keyword Blog Adsense"

  1. Gak tau gan ane yang beginian wkwkwkw,,,,yg penting tulis aja udah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa gpp gan kalo personal blogger kayak ny emang ga usah pake tool ginian juga udah rame..

      karena audiens ny lebih tertarik sama cerita si blogger...

      Delete
  2. Agar page one google ternyata kita harus belajar tentang seo keyword yang baik. Terimakasih gan informasi sangat berguna.

    ReplyDelete

Show your thoughts, let me know if you were here.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel