Tips dan Trik Sosiago Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Melanjuti postingan saya sebelumnya mengenai pengalaman mencoba platform sosiago, kali ini saya akan berbagi cara yang saya pakai atau bisa dikatakan tips dan trik di platform sosiago supaya kamu bisa langsung mendapatkan task pertama. Inti dari dari artikel ini ada 2 cara yaitu cara yang saya terapkan dalam platform sosiago itu sendiri dan cara saya lakukan agar blog atau website kamu langsung dilirik oleh advertiser.

Sebelum kamu melanjutkan membaca, untuk diketahui bahwa tips dan trik yang saya bagikan di sini hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi. Kamu bisa saja menemukan cara yang lebih jitu dalam bermain di platform sosiago.

Review Sosiago
Sosiago.

Baiklah, kita langsung saja ke cara yang pertama, tips dan trik di dalam platform sosiago. Saya asumsikan kamu sudah login dan berada dalam platform ini.

Melengkapi Profile

Saat pertama kali kamu sign up dan kemudian login maka sudah pasti profile kamu belum ada datanya, jadi silahkan lengkapi semua datanya terlebih dahulu. Cara edit profile-nya, kamu bisa klik logo sosiago di pojok kanan atas, kemudian ada menu drop down dan pilih sub menu edit profile atau tautan ini: https://www.sosiago.id/influencer/profile

Point penting menurut saya dari edit profile yaitu Kategori, Notification Setting dan Data Bank. Kategori maksudnya blog kamu hanya akan bisa bid task dari advertiser yang sesuai kategori. Sejauh ini kategori yang hampir pasti bisa bid semua task yang ada di sosiago dan yang saya pilih yaitu kategori Keluarga, Kesehatan, Lifestyle, Teknologi dan Wisata.

Selanjutnya mengenai Notification Setting. Ada baiknya semua jenis pemberitahuan diaktifkan agar kamu lebih update dan segera tahu ketika ada task baru, mendapatkan task baru, info kontes atau info lainnya dari sosiago. Sejauh ini sosiago masih bersahabat dalam hal perihal notifikasi (tidak terkesan spam).

Data Bank tentu haruslah segera diisi karena di sinilah pihak sosiago akan mengirimkan uang kamu tiap bulannya (tanpa minimum pembayaran).

Profile Sosiago
Profile Sosiago.

Tambah Channel

Di sosiago ada 4 channel yang bisa ditambahkan yaitu Blog, Instagram, Twitter dan Youtube. Namun, Task yang paling banyak adalah channel Blog. Jadi, ada baiknya di sosiago bermain di channel blog. Silahkan tambah blog kamu melalui sub menu account: https://www.sosiago.id/influencer/account channel dengan cara memasukkan nama domain blog kemudian pilih jenis task yang ingin kamu kerjakan yaitu publish dan create.

Publish maksudnya kamu hanya ingin publish artikel dari advertiser di blog kamu sedangkan Create berarti kamu juga menerima task berupa pembuatan artikel dan publish di blog kamu istilah mudahnya artikel review. Pada masing-masing jenis task tadi, tentukan harga yang kamu minta.

Biasanya harga pekerjaan Create lebih mahal dari Publish. Sebagai gambaran untuk penentuan harga, di salah satu blog saya yang ber-DA PA kisaran 10+ saya hanya meminta bayaran publish 50K dan create 75K.

Menurut saya penentuan harga ini juga tidak akan berpengaruh ke depannya karena setiap task yang ada di platform ini sudah mencantumkan harga. Rata-rata harga yang dipasang oleh advertiser untuk pekerjaan create kurang lebih 95K.

Jadi, walaupun di channel blog, kamu menentukan harga yang lebih murah dari harga advertiser, kamu tetap akan mendapatkan bayaran sesuai harga yang dipasang di setiap task-nya.

Join Campaign

Di platform ini, kamu diharuskan bid task yang ada melalui laman campaign: https://www.sosiago.id/influencer/campaign . Jika kamu pertama kali di sosiago, ada baiknya bid semua campaign yang ada.

Cara praktisnya dengan cara memakai fitur filter di laman tersebut. Caranya mudah, pilih channel "Blog" dan pilih status "Running". Maka hasil filter yang ada sudah pasti campaign aktif dan sesuai channel kamu yaitu influencer blog.

Campaign Sosiago
Join Campaign.

Periksa Task

Ketika kamu sudah bid task yang ada di sosiago, silahkan tunggu sampai ada pemberitahuan bahwa kamu mendapatkan task. Biasanya kamu akan mendapatkan email pemberitahuan ketika mendapatkan tugas dari advertiser.

Yang perlu dilakukan adalah segera login ke platform ini, pilih menu task: https://www.sosiago.id/influencer/task dan lihat detail tasknya. Beberapa detail yang penting yaitu brief dan deadline.

Brief biasanya berisi informasi mengenai detail tugas yang harus kamu kerjakan, misalnya di artikel kamu diminta melengkapi gambar yang relevan, link eksternal yang berwarna atau tidak ada link eksternal lain di luar tugas. Pada deadline tentu saja isinya batas waktu pengerjaan tugas tersebut.

Setelah kamu mengerjakan tugas dari advertiser, silahkan copy link artikel tugas yang telah kamu kerjakan dan kirim ke advertiser link tersebut melalui kolom yang telah disediakan di sosiago. Ini sebagai bukti bahwa kamu telah mengerjakan tugas yang diberikan dan pihak advertiser akan memeriksanya. Jika tugas sudah sesuai maka task kamu akan di-approved.

Task Sosiago
Mendapatkan Task di Sosiago.

Proses Withdraw dan Pembayaran

Di platform ini, kamu akan menerima uang untuk setiap task yang berhasil kamu kerjakan dan akan dibayarkan ke rekening kamu tiap bulannya. Pada bagian Billing, kamu bisa memilih dicairkan langsung atau ditahan akun kamu. Saya sendiri memlih langsung dicairkan karena untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Perihal Analytics

Menurut saya pribadi, analytics yang ada tidak perlu dihiraukan. Intinya analytics ini berisi grafik performance kamu terdiri dari variabel berapa banyak task yang kamu bid, task yang kamu terima, task yang ditolak, task yang expired dan succes rate akun kamu.

Analytics Sosiago
Analytics Sosiago.

Dari penjelasan di atas, mungkin ada yang berpikir bahwa mendapatkan uang dari platform sosiago ini mudah. Jawabannya memang mudah. Kendala yang umumnya membuat blogger tidak bermain di platform ini ada 3 menurut saya. Pertama, belum tahu sosiago. Kedua, blognya tidak memenuhi syarat. Ketiga, blognya sudah memiliki bayaran tinggi.

Untuk yang belum tahu sosiago, semoga melalui 2 artikel yang telah saya buat di blog ini sedikit memberi gambaran dan segera mencoba.

Untuk blognya yang belum memenuhi syarat, mungkin di sharing selanjutnya saya akan bagikan lagi cara cepat memenuhi syarat sosiago terutama di bagian nilai DA (domain authority). Segera !

Untuk yang sudah memiliki blog dengan bayaran tinggi, maaf newbie di sini berbagi artikel receh hehe. Jika ada suhu/master/juragan blog yang nyangkut membaca artikel sangat ditekankan untuk memberi ilmunya melalui kolom komentar.

Sekian dulu, semoga postingan tentang Tips dan Trik dalam bermain di platform sosiago ini bisa bermanfaaat. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "Tips dan Trik Sosiago Berdasarkan Pengalaman Pribadi"

  1. Sejauh ini blog saya belum laku di sosiago, apa karena materi blog yang tidak sesuai ya? Padahal setiap ada campaign selalu saya ikuti, tapi gagal mulu hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus coba bang, untung2an juga kayaknya main sosiago hehe

      Delete
  2. Saya perartikelnya paling minim minta 150K, dan kalau menulis sendiri minta 400K :)
    Saya sering mendapat job dari sosiago, lumayan bisa bantu dapur ngebul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas. Udah lumayan bgt bayarannya.

      Delete
  3. Gak tqu deh kalau saya,,,belum pernah dapet job dari sosiago,,,ikut bidnya sih serinf tapi belum pernah ada yang nyanthol wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mas, untung2an jg kayaknya main sosiago..

      coba bid aja teruss... siapa tau ada yg nyantoll...

      Delete
  4. Wah mantap sekali om tipsnya :D
    Udah lama nggak ngebid disana, coba coba lagi aja kali yaa siapa tau ada yg nyantol

    ReplyDelete

Show your thoughts, let me know if you were here.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel