Cara Mudah Mencari Expired Domain Berkualitas | Modal 10 ribu

Dalam hal mencari expired domain, setiap orang bisa berbeda-beda tujuannya. Ada yang berusaha mendapatkan expired domain dengan tujuan untuk pembuatan blog PBN (private backlink network), ada juga yang ingin memakai domain kadaluarsa ini, untuk dijual ke klien, atau bisa juga untuk meningkatkan daya jual blog ke calon advertiser seperti halnya di sosiago. Saya pertama kali mengetahui tentang expired domain ketika membaca tulisan dari irvan taufik. Beliau dengan detail menjelaskan perihal expired domain.

Setelah membaca tulisan tadi, saya langsung praktek dan percobaan saya dengan bermodalkan tulisan beliau tadi cukup sukses. Domain kadaluarsa yang saya beli seharga 10 ribu tadi mampu menghasilkan uang sekitar 900 ribu dalam waktu kurang dari setahun. Saya sudah cerita mengenai hal ini di postingan saya yang membahas cara meningkatkan nilai DA PA blog.

Cara Mendapatkan Expired Domain Berkualitas
Expired Domain.

Point dari kalimat saya mengenai mendapatkan uang di internet tadi bukanlah hal yang utama, namun yang saya ingin sampaikan adalah bahwa cara mencari domain kadaluarsa ini layak untuk dicoba. Mungkin pengalaman kamu akan lebih hoki ketimbang saya.

Apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan expired domain berkualitas?

  • Daftar expireddomains.net untuk mencari expired domain.
  • Mengunjungi archive.org untuk cek arsip domain.

Cukup 2 website tersebut yang kamu butuhkan.

Jika kamu ingin lebih memastikan kualitas domain tersebut, kamu juga bisa menambahkan tool seperti ahrefs, semrush, website prepostseo, google, pengetahuan dasar SEO, atau minimal feeling mengenai nama domain (yang mungkin saja muncul ide menarik setelah membaca nama domainnya).

Langkah-langkah mencari domain expired

Tahapan yang saya jelaskan ini, hanyalah berdasarkan pengalaman saya dan pandangan pribadi dalam mencari expired domain berkualitas. Sangat disarankan untuk lebih explore dalam hal ini.

Silahkan login ke situs expireddomains.net, maka kamu akan melihat tampilan halaman web awal seperti yang ada di gambar.

Log In di ExpiredDomains.net
Log In di ExpiredDomains.net

Pilih Deleted Domains dan klik Show Filter.

Melalui filter inilah kamu bisa explore expired domain berdasarkan referensi yang kamu yakini.

Pada fitur filter ini setidaknya terdapat 4 opsional pengaturan yaitu common, additional, adwords & seo dan majestic. Tetapi saya sendiri tidaklah memakai semua fitur pengaturan yang ada.

Tampilan ExpiredDomains.net
Tampilan ExpiredDomains.net

Berikut ini pengaturan versi saya.

Pada pengaturan common, saya biasanya hanya mengisi pada bagian domain name contains. Di sini maksudnya kamu mencari domain dengan kata yang terdapat di domain tersebut. Misalnya, jika kolom contains kamu isi "scholarship" maka sudah dipastikan hanya domain yang mengandung kata scholarship yang akan ditampilkan. Pengaturan ini saya pilih karena biasanya saya mencari berdasarkan niche yang saya inginkan saja.

Selanjutnya, pada bagian domain name settings, saya mencentang no numbers, no hypens dan no adult names. Ini penting karena sudah banyak yang membahas bahwa domain dengan embel-embel angka, hypens (-) apalagi nama yang vulgar kurang disukai dan kurang menarik di mata pengunjung dan Google.

Pada bagian listing settings, jangan lupa untuk centang pilihan only available domains, supaya hanya domain yang masih bisa didaftarkan saja yang muncul setelah di-filter.

Pada pengaturan common ini, mungkin hanya di 3 bagian tersebut yang saya atur.

Pada pengaturan additional, saya hanya mencentang pada bagian original gTLDs yaitu memilih domain dengan ektensi .com dan .net. Pada bagian new gTLDs, saya juga mencentang ekstensi domain .xyz. Biasanya saya hanya mencentang ketiga ekstensi domain tersebut, karena harganya masih bisa saya jangkau. Untuk ekstensi domain lainnya, beberapa saya tidak mengenali ekstensi domain tersebut dan beberapa harga ekstensi domain tersebut tidak ramah untuk kantong saya.

Pada Adwords & SEO, saya hanya mencentang SEMRush Rank pada bagian SEMRush Google.com. Pilihan ini opsional.

Pada Majestic, saya hanya mengisi minimum angka trust flow yaitu 15. Jika setelah pencarian tidak ada hasilnya, maka nilai tf ini akan saya kembalikan ke default = 0.

Setelah melengkapi semua detail pencarian domain yang dibutuhkan, sekarang klik apply filter dan website ini akan menampilkan daftar domain sesuai dengan filter yang diterapkan.

Seberapa banyak hasil yang ditampilkan berupa daftar domain, ini tergantung dari semua pengaturan filter di awal. Jika hasilnya banyak, maka biasanya saya akan menerapkan filter lagi pada kolom ACR dan/atau DP. ACR adalah Archive.org Number of Crawl Results. Saya mengartikannya opsi ini, sebagai keaktifan suatu situs dengan domain ini di masa lalu. Jika hasil ACR ny tinggi, maka besar kemungkinan domain ini dulunya cukup aktif memproduksi konten. Untuk DP atau SeoKicks Domain Pop - Number of Backlink from Different Domains. Artinya berapa banyak backlink yang didapatkan untuk domain ini. Bijaknya dalam menentukan domain dengan ketentuan ini yaitu menggabungkan dua kriteria tadi. Backlink-nya oke dan domain tersebut, kontennya pernah/banyak yang ter-index.

Hasil Pencarian Expired Domain
Hasil Pencarian Expired Domain.
Namun, cara diatas masihlah kurang. Ada baiknya kamu cek lagi. Untuk cek backlink yang nantinya menjadi faktor tingginya nilai DA PA, kamu bisa mengeceknya di prepostseo.com (saya biasa cek di sini). Saat kamu mengecek nilai DA PA, jangan lupa cek nilai spam score-nya. Jika nilai SS-nya tinggi, tinggalkan, dan coba tes domain yang lainnya. Beberapa pihak mempermasalahkan suatu website dengan nilai spam score yang tinggi walaupun performanya bagus sekalipun.

Check DA PA di Prepostseo.com
Check DA PA di Prepostseo.com

Untuk kriteria ACR, kamu bisa cek langsung di website archive.org. Tinggal masukkan saja domain ke kolom pencarian yang ada di dalam website arsip itu. Biasanya hasil pencarian akan berupa kalender dengan tanggal-tanggal tertentu yang berwarna.

Archive.org Wayback Machine
Archive.org Wayback Machine.

Hasil Pencarian Domain di Arcive.org
Hasil Pencarian Domain di Arcive.org

Coba klik salah satu tanggal berwarna tadi, maka kamu akan bisa melihat isi dan tampilan domain tersebut di masa lalu, saat masih aktif. Jika isinya tidak ada yang aneh, maka domain tersebut bisa kam pertimbangkan untuk ambil.

Cara lainnya kamu juga bisa mengecek di google dengan melakukan pencarian: site: namadomain.com



Jika hasil pencarian dari domain tersebut muncul, berarti itu pertanda bagus, karena beberapa kontennya masih terindex.

Menurut hemat saya, mendapatkan expired domain berkualitas itu untung-untungan juga. Karena list domain yang muncul akan sangat tergantung dari filter yang kamu pilih dan terapkan. Nama domain contains juga sangat menentukan. Apakah hasil filternya tadi berupa domain yang baik atau domain yang dipergunakan untuk kegiatan ilegal di masa lalu. Misal, jika kamu melakukan pencarian dengan keyword: scholarship, rasanya kecil kemungkinan domain tersebut dipergunakan untuk website ilegal. Atau mungkin keyword yang kamu tulis: learn, english, study atau yang lainnya, besar kemungkinan hasil list domain yang ada adalah situs untuk belajar, lembaga kursus atau yang lainnya.

Langkah terakhirnya, jika kamu telah menemukan expired domain berkualitas, jangan lupa segera registrasi domain tersebut di perusahaan penyedia domain. Jika berkenan, boleh daftarkan expired domain kamu di idwebhost saja menggunakan link afiliasi berikut: Registrasi Domain Murah. (Setiap pembelian melalui link afiliasi tersebut, saya mendapatkan komisi 70%👌)

Mungkin sekian dulu, untuk sharing mengenai cara mendapatkan expired domain berkualitas. Di lain waktu saya coba perbaiki tulisan ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Mencari Expired Domain Berkualitas | Modal 10 ribu"

Post a Comment

Show your thoughts, let me know if you were here.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel