Cara Mudah Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Website

Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) adalah metrik yang dikembangkan oleh Moz. Ini menjadi tolak ukur nilai SEO suatu website. Yang perlu diingat, nilai DA dan PA ini bukanlah kriteria SEO yang dikeluarkan oleh Google melainkan dari Moz. Lalu, jika ini bukan dari Google, mengapa banyak blogger yang menginkan nilai rank tinggi untuk DA dan PA-nya? Jawabanya, karena beberapa klien terkadang meminta nilai ini (selain traffic website). Seperti halnya mendapatkan klien di platform seperti Sosiago, nilai DA dan PA menjadi faktor penting supaya blog bisa mendapatkan task dan menghasilkan uang.

Oke, langsung saja ke intinya yaitu cara saya dalam meningkatkan nilai Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) website.

Meningkatkan DA PA blog
Nilai DA dan PA bagian dari SEO. (via: digitalmeasured.net)

Buatlah Konten Berkualitas

Definisi konten berkualitas mungkin akan berbeda untuk setiap orang. Membuat konten berkualitas juga bukanlah persoalan yang mudah. Saya sendiri meyakini bahwa tulisan yang ada di blog ini jauh dari kata berkualitas. Sebagai referensi konten berkualias itu seperti apa, saya merekomendasikan anda untuk membaca tulisan dari mas vatih dan panduanIM. Di pemikiran saya sendiri, konten yang berkualitas adalah konten yang memberi manfaat, memberi solosi, menyelesaikan masalah dan haruslah menjawab search intent dari pengunjung.

Struktur Website yang benar

Pada awal saya ngeblog, saya menemui permasalahan yaitu struktur blog saya kacau dan dipermasalahkan oleh google. Mungkin akibat ulah saya yang mengutak-atik html template blog dan dulu masih sembarang pakai template blog. Solusi untuk hal ini yaitu dengan cara memakai template blog bawaan blogger atau template blog premium. Saya sendiri akhirnya memakai template premium dari mas sugeng: Template VioMagz. Tinggal install template yang sudah dibeli dan dijamin struktur blog anda auto SEO Friendly.

Memahami Dasar SEO

Kriteria SEO sangat banyak sekali. Kalau main ke blog yang membahas SEO, rasanya materi yang ada tidak habis untuk dicerna. Oleh karena itu, saya akan membagikan dasar SEO yang saya yakini saja.
  • Membuat navigasi yang jelas seperti halaman Site Map, Disclaimer, Privacy Policy, Terms of Service, About, Contact atau disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Membuat artikel diatas 500 kata karena artikel dengan jumlah kata kurang dari ini kemungkinan akan dianggap spam atau kurang berkualitas. Bahkan ada yang merekomendasikan untuk membuat artikel minimal 1000 kata. Saya juga pernah membuat artikel tentang penulisan artikel, bisa dibaca di bawah ini:
  • Memakai Template SEO Friendly. Template yang dipakai haruslah fast loading dan mudah dibaca.
  • Menempatkan link relevan pada artikel. Di setiap artikel yang anda buat sebaiknya selalu tautakan link relevan pada kata-kata yang sesuai di dalam artikel tersebut. Tautan link juga tidak harus link internal melainkan juga harus eksternal. Kalau saya sendiri acuannya, maksimal 1 eksternal link dan minimal 2 internal link.
  • Menggunakan variasi media. Di artikel yang kamu tulis ada baiknya memberi penjelesan dengan variasi dari berbagai media semisal gambar, video dan suara. Ini menunjukkan bahwa postingan kamu "kaya" akan informasi. Jangan lupa untuk menambahkan penjelasan pada tiap media yang kamu pakai. Misalnya, jangan lupa tambahkan alt text pada gambar yang kamu upload di artikel.
  • Meningkatkan signal blog di sosial media. Maksudnya, setiap artikel yang kamu buat jangan lupa di-share ke sosial media dan memberikan tautan link artikel yang telah kamu buat. Semakin viral artikel kamu di sosial media, semakin tinggi nilai sosial signal blog dan artikel tadi. Cara jitu menerapkan cara ini yaitu dengan teknik copy writing yang mengundang share dan comment, buat artikel click bait (bukan hoax), share pada komunitas yang relevan, atau boost dengan iklan seperti FB ads.
  • Konsisten dalam ngeblog. Google menyukai blog yang aktif baik dari segi produksi artikelnya ataupun aktifitas sang pemilik blog. Jadi, ada baiknya kamu mulai berinteraksi dengan komunitas blogger. Kunjungi blog-blog mereka, jalin silahturahmi, beri apresiasi dan berkomentarlah dengan baik.
  • Memakai Domain Expired atau Aged Domain. Cara ini menurut saya adalah cara yang paling instant. Saya pernah mempraktekkan cara ini dan hasilnya cukup memuaskan. Pengalaman saya dengan cara ini, saya pernah menemukan domain expired berkualitas dengan nilai DA dan PA yang lumayan. Kemudian saya beli domain tersebut dengan harga cuma 10 ribu. Langsung saya isi beberapa artikel dan di bulan pertama blog tersebut langsung menghasilkan uang kurang lebih 300 ribu dan sampai sekarang mungkin domain ini sudah menghasilkan 900 ribu dengan umur kurang dari setahun. Untuk cara ini akan saya jelaskan di postingan berikutnya yaitu tentang cara mendapatkan Domain Expired berkualitas. Segera!
Mungkin, sampai di sini dulu sharing saya mengenai Cara Meningkatkan DA PA blog. Semoga info yang ada bisa membantu teman-teman blogger dalam meningkatkan Domain Authority dan Page Autority blognya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

8 Responses to "Cara Mudah Meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Website"

  1. Kalau yang menggunakan aged domain, mungkin masih bisa langsung meningkatkan nilai DA PA blog tapi kalau untuk blog dengan domain baru, memang harus bertahap dan sabar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mas, harus sabar dan bertahap.

      Delete
  2. Kalau jumlah kata, saya masih sering mengabaikannya
    Kurang begitu mengontrol atau memperhatikannya. Menulis itu memang susah, apalagi jika mood kurang mendukung. Wah benar-benar payah deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mood jg sangat penting saat menulis. Kadang ada ide nulis, tapi mood gak mendukung, idenya jadi gagal dieksekusi.

      Delete
  3. Haha ntahlah DA saya kemarin berapa, kalo nggak salah mentok di 2. Domain baru juga, mungkin 3 bulan saya beli. Kata temen seblogger, belum terindex dengan baik blogku. Yaudahlah, paling sekarang ngeblog ya ngeblog aja😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya kak, yg penting ngeblog aja dulu, nulissss terus ntar seiring waktu naik sendiri DA ny.

      Delete

Show your thoughts, let me know if you were here.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel